Mencari Emas Berujung Maut, Longsor di Tambang Emas Gunung Pongkor - newberita8
Ads Here

Tuesday, May 14, 2019

Mencari Emas Berujung Maut, Longsor di Tambang Emas Gunung Pongkor




NEWBERITA8 - Para penambang emas yang berada di gunung pongkor ini kehilangan nyawanya setelah tertibun longsor. Lima Orang telah menjadi korbannya hujan deras telah menyebabkan longsor kembali terjadi di lokasi penambangan emas rakyat di Gunung Pongkor, Desa Bantar Karet Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor pada Minggu (12/5/2019) dini hari.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut sebanyak lima orang tanpa identitas ditemukan tewas dan tiga orang lainnya selamat dalam kejadian tersebut.


"Sebanyak lima orang meninggal dunia tanpa identitas telah ditemukan hingga siang tadi dan tiga orang selamat yakni atas, Uus (35) warga Desa Bantar Karet, Dede (30) warga Desa Cisarua, dan Dika (24) Desa Cisarua," kata Sutopo dalam keterangannya pada Senin (13/5/2019).





Sutopo mengatakan struktur tanah yang labil serta hujan deras yang terus-menerus mengakibatkan tanah longsor di Gunung Pongkor sehingga puluhan penambang tertimbun longsor.

"Tidak ada data pasti jumlah penambang namun beberapa warga yang selamat mengatakan sekitar 20 orang penambang," kata Sutopo.

Ia mengatakan, tim SAR mengalami kesulitan mengevakuasi korban karena lokasi longsor yang sangat curam dan ada di kaki gunung.

"Medan cukup berat dan hanya bisa dilakukan secara manual. Pencarian dihentikan saat ini dan dilanjutkan esok hari. Aparat bersama PMI, relawan dan warga berusaha mengevakuasi korban," kata Sutopo.

Sebelumnya, pada Selasa (27/10/2015) lalu sebanyak 12 orang penambang juga dilaporkan tertimbun longsor di Gunung Pongkor.

No comments:

Post a Comment